Ricky Sitohang Heran dengan Jabatan Ferdy Sambo: Gak Pernah Jadi Kapolda Tiba-tiba Bintang Dua

Terkini.id, Jakarta - Irjen Purnawirawan Ricky Sitohang dibuat heran dengan melesatnya jabatan Ferdy Sambo. Dia terkejut karena Sambo tidak pernah menjadi Kapolda, namun tiba-tiba berpangkat jenderal bintang dua.

Padahal menurut Ricky, masih banyak orang yang lebih pintar di angkatan mantan Kadiv Propam Polri itu.

"Saya gak tahu kriterianya Sambo itu apa, gak pernah jadi Kapolda juga tiba-tiba bintang dua," kata Ricky dalam wawancaranya di YouTube Rumah Uya, dikutip dari Suara.com pada Jumat 23 September 2022.

"Sementara senior-senior  yang lain masih jauh di bawah dia," lanjut Ricky.

Ricky menyebutkan bahwa pengangkatan Sambo menjadi jenderal bintang dua itu menimbulkan kecemburuan sosial di kalangan polri.

"Mbok urut kacang lah kan banyak tiap-tiap angkatan yang punya pengetahuan mumpuni, main loncat-loncat aja, akibatnya terjadi kecemburuan sosial," ujar Ricky.

Menurut Ricky, yang ada di institusi penegak hukum itu masih banyak polisi-polisi bersih, namun sayangnya mereka tak diberikan kesempatan.

"Ada polisi yang berkualitas mumpuni, hebat dia, tapi dia tidak punya kesempatan. Padahal kalau dia didudukkan pada posisi itu jauh lebih hebat dia untuk membersihkan Polri itu sendiri," katanya.

"Tapi ternyata yang naik yang model-model Sambo itu," ujar Ricky.

Meski demikian, Ricky enggan menyebut bahwa hal itu terjadi karena ada geng di dalam Polri. Karena menurutnya itu hanya persepsi masyarakat.

Tapi Ricky mengakui kemampuan Ferdy Sambo sampai bisa mencapai level setinggi itu.

Ricky menyebut bahwa Sambo tak pernah merasakan susah dan merasa semuanya bisa diatur, padahal masih banyak orang yang lebih berkualitas dari dia.

"Dia bukan pintar, mintarin orang lain, pintar-pintar jilat muka," kata Ricky.

"Padahal di Mabes Polri ada yg otak-otak brilian, seorang konseptor tapi gak dapat kesempatan. Ini mudah2an jadi guru yang terbaik bagi SDM Mabes Polri untuk mencermati ini," ujarnya.