Shin Tae-yong Soroti Mental Pemain Timnas Indonesia U-20 Usai Kalah dari Prancis

Terkini.id, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menyoroti mental anak asuhnya dalam duel lawan Prancis di Spanyol.

Pada laga yang berakhir dengan kekalahan 0-6 itu, Shin Tae Yong melihat para pemain Timnas Indonesia U-20 merasa inferior sebelum laga di hadapan Prancis.

"Pemain kita memang takut kalau lawan tim yang lebih baik dan lebih kuat dari kita. Jadi hal-hal seperti itu yang harus dikeluarkan dari pikiran," kata Shin Tae-yong dalam rekaman yang dirilis oleh PSSI, dikutip dari cnnindonesia.com pada Jumat 18 November 2022.

Shin Tae-yong menuturkan, perasaan takut sebelum main itu pada akhirnya mempengaruhi permainan Timnas Indonesia U-20 secara keseluruhan.

Mental bertanding yang terganggu membuat skuad Garuda Muda lebih mudah melakukan kesalahan.

"Kemampuan para pemain sebenarnya bagus tetapi gara-gara takut duluan sebelum main, jadi mereka melakukan kesalahan, besar dan kecil," ujar Shin Tae-yong.

"Kami tidak bisa menunjukkan kemampuan terbaik. Itu yang harus dievaluasi," sambungnya.

Tak hanya soal mental, Shin Tae-yong juga menyoroti waktu persiapan yang dibilang mepet saat menghadapi laga tersebut.

Sebab, Timnas Indonesia U-20 baru tiba di Spanyol pada Selasa, 15 November 2022 sehingga tidak punya banyak waktu untuk pemulihan dan persiapan.

Shin Tae-yong menyebut bahwa banyak kesalahan yang dilakukan oleh para pemain Timnas Indonesia U-20 itu karena kondisi mereka yang memang belum pulih karena kelelahan.

Sehingga pada laga ini, Timnas Indonesia U-20 belum bisa memberikan kemampuan yang terbaik.

Dengan melakukan banyak kesalahan, kata Shin Tae-yong, tentu ada evaluasi untuk tim nantinya.

Kemudian usai menghadapi Prancis, Timnas Indonesia U-20 dijadwalkan bakal duel lawan Slovakia pada Sabtu 19 November 2022.

Sebelumnya diketahui, pemusatan latihan di Eropa ini adalah bagian dari persiapan Timnas Indonesia U-20 dalam menghadapi dua agenda besar tahun depan yakni Piala Asia dan Piala Dunia.

Piala Asia U-20 digelar di Uzbekistan pada Maret sedangkan dua bulan berselang Indonesia bakal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.